• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

4 Gejala Sifilis Pada Pria dan Wanita, No 3-4 Sangat Bahaya

4 Gejala Sifilis Pada Pria dan Wanita, No 3-4 Sangat Bahaya
Nilai Rata-rata: 7.8 / 10 (5 orang penilai )



Banyak pria dan wanita yang tidak mengetahui gejala sifilis yang mungkin sedang mereka derita. Hal ini memang selalu terjadi pada penderita penyakit sifilis, karena sifilis termasuk penyakit atau infeksi yang dapat menyerang tubuh tanpa menunjukkan gejala apapun.

Seperti yang kita ketahui tidak ada satupun orang yang ingin terinfeksi atau memiliki penyakit menular seksual. Tetapi, di samping itu banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka memiliki faktor untuk terinfeksi dan menderita penyakit menular seksual.

Salah satu jenis penyakit menular seksual yang sangat umum terjadi dan banyak menyerang pria dan wanita adalah sifilis atau raja singa. Penyakit ini termasuk dalam jenis penyakit menular seksual yang sangat sering dan penderitanya terus menerus bertambah setiap tahunnya.

Untuk itu, agar lebih waspada sebaiknya Anda mengetahui apa sebenarnya penyakit sifilis dan apa saja penyebab serta gejala sifilis yang mungkin Anda derita. Simak penjelasannya melalui artikel berikut ini.

Apa Itu Sifilis?

Sifilis atau raja singa adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Treponema pallidum adalah jenis bakteri yang menjadi penyebab utama penyakit sifilis. Bakteri ini merupakan bakteri yang dapat menular dari satu orang ke orang lain.

Bakteri sifilis sangat mudah menular dan menyebar melalui aktivitas seksual yang dilakukan melalui seks kelamin, anal, dan oral seks. Bakteri ini juga dapat menular melalui cairan tubuh, seperti darah dan cairan kelamin saat melakukan kontak langsung dengan penderita sifilis.

Hingga saat ini penderita sifilis di Indonesia memang tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Karena tidak ada data yang pasti. Namun beberapa data menyebutkan bahwa penderita sifilis di kalangan wanita Indonesia sudah menurun sejak tahun 2010. Tetapi pada laki-laki terus meningkat, seiring dengan banyaknya pasangan sesama jenis dan aktivitas seksual yang bebas.

chat

Faktor yang Menyebab Anda Terinfeksi Sifilis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa bakteri sifilis sangat mudah menular melalui aktivitas seksual. Dimana, banyak pria maupun wanita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka memiliki faktor untuk berisiko terinfeksi sifilis.

Gejala sifilis pada wanita dan gejala sifilis pada pria mungkin sulit untuk diketahui, namun faktor yang menyebabkan pria dan wanita terinfeksi sifilis sangat mudah diketahui, seperti:

• Berhubungan seks dengan penderita sifilis
• Aktif berhubungan seks sejak usia dini
• Berhubungan seks dengan banyak pasangan seksual dan kerap berganti-ganti pasangan
• Tidak menggunakan pengaman (kondom) saat berhubungan seks
• Memiliki pasangan seks sesama jenis
• Memiliki kebiasaan buruk, seperti menggunakan narkoba

Tidak hanya sifilis, tetapi hampir semua jenis penyakit kelamin dapat terjadi dan meningkatkan seseorang untuk terinfeksi jika melakukan aktivitas seks bebas.

Jika Anda salah satu pengguna narkoba, maka Anda juga akan meningkatkan risiko untuk terinfeksi penyakit ini. Karena, beberapa kasus pernah menyatakan bahwa bakteri sifilis dapat menular melalui penggunaan jarum suntik yang digunakan untuk menggunakan narkoba dan dipakai secara bersamaan dengan penderita sifilis.

Inilah 4 Gejala Sifilis Pada Pria Dan Wanita yang Harus Anda Waspadai

Sebenarnya, gejala sifilis pada pria dan gejala sifilis pada wanita hampir sama dan sering di abaikan oleh penderitanya. Namun, ada beberapa perbedaan yang mungkin terjadi pada gejala ini dan berikut ini 4 tahap gejala penyakit sifilis pada pria dan wanita.

1. Tahap Primer

Pada tahap awal, gejala sifilis pada pria dan gejala sifilis pada wanita sangat umum terjadi dan gejalanya hampir sama. Seperti gejala munculnya luka atau lesi di area kelamin mulut dan sekitar dubur. Luka ini akan muncul pada bagian awal bakteri menginfeksi tubuh saat berhubungan seksual.

Luka ini akan bertahan pada dalam tubuh selama satu hingga dua bulan. Luka atau lesi tersebut dapat hilang dengan sendirinya, meskipun tidak dilakukan pengobatan apapun. Tetapi, meskipun luka ini hilang bukan berarti bakteri yang menginfeksi tubuh juga hilang.

Bakteri tetap bertahan di dalam tubuh Anda dan tetap dapat menginfeksi pasangan saat Anda melakukan hubungan seksual.

2. Tahap Sekunder

Sifilis tahap dua akan muncul sekitar enam hingga 12 bula setelah luka di tahap pertama menghilang. Jika Anda sudah mengalami luka seperti gejala di tahap pertama dan luka tersebut hilang tanpa melakukan pengobatan apapun.

Maka, pada tahap sekunder gejala akan muncul pada bagian tubuh lainnya. Di tahap kedua gejala lebih sering muncul di telapak kaki dan tangan ditandai dengan ruam kulit. Bahkan, penderita juga akan mengalami gejala, seperti flu, demam, radang tenggorokan, kutil kelamin bahkan mengalami penurunan nafsu makan. Tahap ini akan bertahan selama satu hingga tiga bulan dan akan sembuh tanpa pengobatan.

3. Tahap Laten

Gejala sifilis pada wanita dan pria di tahap ketiga memasuki tahap yang cukup parah. Terlebih, jika Anda membiarkan tanpa melakukan pengobatan apapun. Sifilis tahap laten atau tahap ketiga ini tidak akan ditemukan adanya gejala yang signifikan.

Namun, gejala yang pernah muncul pada tahap sebelumnya akan bertahan dan berkembang menjadi tambah parah pada sifilis tahap ini.

4. Tahap Tersier

Jika Anda tidak melakukan pengobatan pada sifilis tahap laten, maka Anda akan memasuki babak baru, yaitu sifilis tahap akhir atau sifilis tersier. Pada tahapan ini, merupakan kondisi yang sangat parah. Karena sifilis tahap tersier akan menyebabkan kerusakan permanen pada organ vital di dalam tubuh.

Tahap ini merupakan kondisi yang semakin buruk, karena dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan syaraf, kerusakan pada otak, kerusakan jantung, rusaknya penglihatan, bahkan kematian. Tidak sedikit penderita sifilis yang kehilangan nyawanya akibat mengalami sifilis tahap tersier. Tahap ini dikenal juga sebagai komplikasi dari penyakit sifilis.

Lalu, Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Terinfeksi Sifilis?

Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui setiap gejala yang mungkin Anda alami. Jika Anda memiliki gejala maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit kelamin. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Sifilis dapat disembuhkan jika mencegah penyakit ini diawal dan mendapatkan penanganan dengan tepat. Nah, jika Anda memiliki gejala sifilis segera lakukan pemeriksaan dengan Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan dengan tepat dan aman sesuai dengan kondisi Anda.

Konsultasikan keluhan Anda atau jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar gejala sifilis pada pria dan gejala sifilis pada wanita konsultasikan dengan tim medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini atau langsung menghubungi kami di 081336361555 untuk konsultasi melalui telepon.

Baca Juga : Gejala Dan Penyebab Raja Singa

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan