• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

4 Gejala Sifilis Pada Pria dan Wanita, No 3-4 Sangat Bahaya

4 Gejala Sifilis Pada Pria dan Wanita, No 3-4 Sangat Bahaya
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Tidak ada satu orang pun di dunia yang ingin mengalami penyakit kelamin atau yang dikenal dengan infeksi menular seksual (IMS). Salah satu penyakit kelamin yang sering terjadi pada pria maupun wanita adalah sifilis atau lebih dikenal dengan raja singa. Kita akan membahas empat fase gejala sifilis pada pria dan wanita.

Sifilis atau raja singa merupakan penyakit kelamin disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum yang menular melalui hubungan seks. bakteri treponema hanya menyebar melalui hubungan seks, dan juga dari cairan tubuh, seperti darah. Sifilis pada gejala awal hanya menyerang organ kelamin atau mulut saja jika anda pernah melakukan seks oral pada penderita sifilis. Selain dengan alat kelamin, bakteri sifilis juga dapat menyerang mulut, kulit, dan organ saraf.

Hingga saat ini penderita sifilis di Indonesia memang tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Karena tidak ada data yang pasti. Namun beberapa data menyebutkan bahwa penderita sifilis di kalangan wanita Indonesia sudah menurun sejak tahun 2010. Tetapi pada laki-laki terus meningkat, seiring dengan banyaknya pasangan sesame jenis.

chat

Gejala Sifilis Pada Pria dan Wanita

Pasti anda ingin tahu apa saja yang menunjukan gejala-gejala yang sering muncul pada penyakit raja singa bagi penderitanya. Ada sekitar empat fase gejala yang paling sering dialami oleh penderita sifilis. Mereka akan merasakan gejala sekitar satu hingga tiga minggu setelah tertular bakteri treponema.

Gejala Sifilis Tahap Pertama

Pada tahap awal, gejala sifilis pada pria dan wanita sangat umum terjadi dan gejalanya hampir sama. Seperti gejala munculnya luka atau lesi di area kelamin atau mulut atau anus. Dimana muncul lesi dan luka dibagian yang pernah beraktivitas seks dibagian tertentu.

Gejala luka pada bagian tubuh tertentu tersebut akan ada pada tubuh selama satu hingga dua bulan. Luka atau lesi tersebut bahkan dapat hilang dengan sendirinya, tanpa anda harus mengobatinya. Tetapi meskipun luka hilang, bukan berarti bakteri juga sudah hilang dari tubuh anda.

Gejala Sifilis Tahap Kedua

Sifilis pada tahap kedua akan muncul sekitar enam hingga 12 bulan setelah sembuh dari tahap pertama. Apabila anda sudah menemukan gejala sifilis di tahap pertama, lalu gejala tersebut hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Maka pada tahap kedua akan muncul luka dibagian tubuh lainnya. Lebih sering akan muncul dibagian telapak tangan dan telapak kaki.

Bahkan terkadang akan muncul gejala-gejala seperti anda sedang mengalami flu. Karena sifilis tahap dua akan menyebabkan anda mengalami demam, radang tenggorokan, kutil kelamin, dan nafsu makan akan berkurang. Tahap ini biasanya berlangsung selama satu hingga tiga bulan. Luka pun akan hilang dengan sendiri tanpa pengobatan.

Gejala Sifilis Tahap Tiga

Gejala sifilis pada pria dan wanita ditahap ketiga akan cukup parah. Terlebih jika anda membiarkannya, tanpa mengobatinya. Sifilis tahap tiga atau tahap lanjut ini tidak akan menyebabkan anda menemukan gejala apapun, bahkan bakteri tidak akan menular dengan pasangan anda. Tetapi tahap ini akan semakin parah.

Gejala Sifilis Pada Tahap Empat

Jika hingga tahap tiga sifilis tidak juga diobati, maka akan memasuki tahap empat atau tahap tersier. Pada tahapan ini merupakan tahapan yang semakin parah. Karena pada tahapan ini akan menyerang organ tubuh lainnya. Seperti organ tubuh lain seperti mata, jantung, dan telinga. Sehingga menyebabkan kebutaan, gagal jantung, hingga kematian.

Ketika anda sudah menemukan gejala sifilis pada tahap awal. Maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan. Dengan pemeriksaan sejak tahap awal dan pengobatan, maka sifilis tidak akan menyebar keseluruh tubuh sehingga anda dapat mencegah sifilis menjadi semakin parah.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan