• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

4 Gejala Sifilis Dan Cara Mengatasinya

4 Gejala Sifilis Dan Cara Mengatasinya
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )



Penyakit menular seksual memiliki gejala yang berbeda-beda. Namun, gejala sifilis lebih sulit untuk diketahui. Simak tanda penyakit sifilis dan cara mengatasinya.

Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS). Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak segera diobati. Namun, penyakit ini mudah untuk disembuhkan jika melakukan pengobatan di awal.

Penyakit ini sangat mudah menular dan menyerang pria dan wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seks. Sifilis atau dikenal dengan sebutan penyakit raja singa adalah penyakit yang sangat berbahaya dan sulit untuk mengetahui gejala pasti dari penyakit ini. Sehingga, banyak yang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi bakteri dan sedang menderita penyakit sifilis.

Sebaiknya, Anda mengetahui apasaja penyebab dan bagaimana faktor penularan bakteri ini terjadi. Jika Anda mengalami penyakit sifilis segera melakukan pengobatan agar dapat terbebas dari penyakit ini dan hindari melakukan hubungan seks saat proses pengobatan sedang berlangsung.

Penyebab Dan Faktor Penularan Infeksi

Penyakit sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Penularan bakteri ini terjadi melalui aktivitas hubungan seksual dan sangat mudah untuk menular melalui aktivitas seks yang bebas. Beberapa faktor hubungan seks yang meningkatkan risiko penularan terjadi:

• Melakukan hubungan seks dengan penderita sifilis
• Berganti-ganti pasangan seksual
• Tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual
• Berhubungan seks dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat seksualnya

Hubungan seks bebas menjadi faktor penularan infeksi yang sangat cepat. Saat Anda melakukan hubungan seksual dengan penderita sifilis maka, bakteri akan masuk ke dalam tubuh Anda melalui cairan yang ada di dalam tubuh dan menyerang jaringan saraf sehingga menimbulkan banyak kerusakan pada tubuh. Kenali, apasaja gejala dari penyakit ini agar tindakan pengobatan yang dilakukan lebih mudah.

Baca Juga : Ciri - Ciri Penyakit Sifilis

4 Tahap dan Gejala Sifilis Yang Harus Anda Waspadai

Penyakit sifilis merupakan jenis penyakit yang sulit untuk diketahui dengan jelas gejalanya. Karena, gejala sifilis akan berbeda-beda dan sifilis memiliki beberapa tahap sebelum menjadi lebih kronis. Berikut ini beberapa gejala penyakit sifilis pada setiap tahapnya:

Tahap Primer

Pada tahap ini gejala sifilis akan ditandi dengan munculnya luka tunggal yang disebut dengan chancre. Luka ini akan ditemui pada area permukaan kulit kelamin. Luka ini biasanya tidak disertai dengan rasa sakit yang menyebabkan banyak penderita tidak menyadari keberadaan luka dan mengabaikannya.

Jika tidak diobati, maka gejala akan menghilang dan berlanjut ketahap selanjut dan kondisi akan menjadi semakin kronis.

Tahap Sekunder

Setelah beberapa minggu luka menghilang pada tahap pertama, gejala sifilis tahap sekunder akan muncul dengan ruam yang terjadi pada permukaan kulit tubuh. Namun, biasanya ruam lebih sering terjadi pada area telapak kaki dan tangan. Selain ruam, gejala di tahap ini akan disertai dengan penurunan sistem kekebalan tubuh seperti demam, flu, nyeri pada otot, sakit kepala, kerontokan pada rambut. Dan biasanya pada wanita yang menderita sifilis akan mengalami pertumbuhan kutil pada area vagina.

Gejala ini akan berlangsung selama beberapa minggu dan menghilang serta dapat muncul kembali pada beberapa minggu bahkan beberapa bulan setelah gejala menghilang.

Tahap Laten

Setelah gejala sifilis di tahap sekunder menghilang dan tidak diobati maka, sifilis akan meningkat ke tahap selanjutnya yaitu tahap laten. Di tahap ini hampir tidak menimbulkan gejala apapun yang dapat diketahui dan banyak yang berpikir bahwa mereka sudah terbebas dari penyakit sifilis.

Meskipun tidak ada gejala yang ditimbulkan tetapi, infeksi bakteri akan tetap berada di dalam tubuh dan terus berkembang dan meningkat ke tahap selanjut yang lebih berbahaya.

Tahap Tersier

Penderita sifilis yang tidak melakukan pengobatan dari tahap awal akan sampai pada tahap tersier atau tahap akhir. Setelah gejala sifilis menghilang selama bertahun tahun maka, tahap akhir akan muncul dan menimbulkan banyak komplikasi yang sangat berbahaya.

Tahap ini akan mengakibatkan banyak kerusakan pada jaringan saraf, organ penting ditubuh seperti jantung, kerusakan pada otak, kebutaan, bahkan di tahap tersier akan mengalami kematian. Untuk itu sangat penting melakukan pengobatan di tahap awal mengalami gejala sifilis.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Penularan Infeksi Sifilis?

Untuk mengatasi penularan infeksi sebaiknya Anda menghindari melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Sebaiknya, Anda menghindari melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang sudah terifeksi sifilis meskipun hubungan seksual dilakukan menggunakan kondom bakteri mungkin saja dapat menginfeksi lapisan kulit yang tidak terlindungi oleh kondom.

Setelah Anda mengalami gejala sifilis sebaiknya lakukan pemeriksaan dan pengobatan sesegera mungkin dengan dokter ahli kelamin. Agar penyakit sifilis tidak semakin berkembang menjadi besar dan menimbulkan komplikasi yang berbahaya untuk kesehatan Anda.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Raja Singa

Pengobatan Sifilis

Pengobatan sifilis akan mudah disembuhkan pada tahap awal, apabila sudah melewati tahap awal penyakit ini sulit untuk disembuhkan. Untuk pengobatan sifilis biasanya dokter akan menanyakan riwayat seksual Anda, kemudian akan dilakukan pemeriksaan fisik. Apabila diperlukan, dokter akan mengambil sampel berupa luka, cairan, dan darah untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Dalam pengobatan, sebaiknya Anda mengajak pasangan seksual Anda untuk melakukan pemeriksaan, karena kemungkinan besar pasangan Anda juga terinfeksi penyakit sifilis. Selama pengobatan, hindari melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda sampai bakteri sifilis benar-benar hilang dan Anda sembuh total.

Pengobatan dilakukan hanya untuk menekan dan membunuh bakteri sifilis agar tidak berkembang dan menyerang organ tubuh lain. Apabila Anda membutuhkan bantuan pengobatan penyakit sifilis segera hubungi Klinik Utama Gracia atau melakukan konsultasi dengan tim medis kami melalui layanan konsultasi online.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan