• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

4 Fase Dalam Tanda Tanda Penyakit Sipilis

4 Fase Dalam Tanda Tanda Penyakit Sipilis
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )



Gejala atau tanda tanda penyakit sipilis untuk tahap awal bagi beberapa orang mungkin akan lebih terlihat. Namun kondisinya juga akan berbeda ketika Anda sudah memiliki penyakit sipilis ditahap lanjut, tanda tanda penyakit sipilis tahap lanjut akan lebih samar dan lebih sulit untuk disembuhkan pada beberapa orang. Berikut adalah beberapa tanda atau gejala yang dialami oleh seorang penderita sipilis:

1. Tanda Sipilis Primer

Anda mungkin melewatkan tahap pertama sipilis tanpa sadar (empat hingga 12 minggu) karena Anda mungkin tidak memiliki gejala atau tanda tanda penyakit sipilis yang signifikan. Tandanya mungkin akan seperti:

o Luka yang sulit untuk diperhatikan

o Luka berbentuk bulat dengan area tengah yang lebih lembab atau cekung

o Beberapa luka mungkin di mulut atau rektum atau di vagina atau leher rahim

o Lebih mungkin terjadi sebagai sakit tunggal tetapi kadang-kadang terjadi sebagai beberapa luka

o Tidak menimbulkan rasa sakit dan terasa keras

o Muncul tiga hingga empat minggu setelah infeksi, namun dapat terjadi kapan saja antara satu hingga 12 minggu setelah infeksi bakterinya

o Biasanya sembuh atau hilang dengan sendiri seperti  pada umumnya luka

Baca Juga: Inilah Yang Harus Anda Ketahui Tentang Arti Sipilis!

chat

2. Tanda Sipilis Sekunder

Selama tahap kedua sipilis ini mungkin akan bertahan hingga dua tahun atau mungkin juga bisa lebih cepat dan lebih lambat, dalam kondisi ini Anda mungkin memiliki tanda tanda penyakit sipilis seperti:

o Ruam atau bercak yang rata dan merah pada telapak kaki maupun telapak tangan Anda, ini juga dapat menutupi seluruh kulit Anda.

o Gejala Ruam ini menular dan dapat menyerupai kondisi masalah kulit umum (dermatitis) lainnya seperti campak dan psoriasis. Diagnosis mungkin terlewatkan jika tes darah sipilis tidak dilakukan

o Pembengkakan kelenjar getah bening

o Gejala tidak spesifik, yang mungkin termasuk rambut rontok (terutama alis), nyeri pada persendian atau penyakit seperti flu berkepanjangan

o Penurunan berat badan akibat kurangya nafsu makan

Jika Anda terinfeksi sipilis dan tidak mencari pengobatan pada tahap ini, Anda mungkin mengalami infeksi tahap ketiga sebagai lanjutannya. Tidak jarang jika seseorang juga merasakan gejala yang hilang dengan sendirinya, namun gejala yang hilang hanya untuk kembali atau berulang secara ringan atau berat dan akan terus memburuk.

3. Tanda Sipilis Tersier

Tahap ketiga sipilis (yang dapat terjadi antara 10 hingga 20 tahun setelah infeksi awal) dapat memengaruhi berbagai organ, terutama otak dan jantung serta sistem organ vital didalam tubuh lainnya. Tahap ini terjadi pada sekitar sepertiga dari orang yang tidak diobati atau mungkin jika Anda telah melakukan pengobatan namun tidak dilakukan dengan tepat. Beberapa masalah yang menjadi tanda tanda penyakit sipilis di tahap ini dapat meliputi:

o Masalah neurologis

o Meningitisi

o Demensia

o Perubahan kepribadian

o Masalah penglihatan dan pendengaran

o Aneurisma

o Mati rasa atau stroke

4. Tanda Sipilis Bawaan

Bayi yang lahir dari ibu yang menderita sipilis inilah yang disebut dengan sipilis bawaan atau sipilis kongenital. Mereka mungkin tidak memiliki gejala saat lahir. Sipilis kongenital dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius hingga berakibat fatal pada akhirnya. Tanda tanda penyakit sipilis bawaan ini mungkin tidak dapat dideteksi secara langsung, yang dapat Anda lakukan adalah dengan pemeriksaan sedini mungkin jika diketahui adanya riwayat infeksi dari bakteri treponema pallidum tersebut.

Berikut adalah beberapa ciri atau tanda tanda penyakit sipilis bawaan pada bayi Anda:

o Erupsi kulit

o Kelainan tulang

o Masalah mata, pendengaran, hati, atau ginjal

o Cacat gigi

o Keterlambatan perkembangan

Anda membutuhkan pelayanan kesehatan khusus untuk dapat menangani masalah penyakit menular seksual (PMS) seperti sipilis maupun lainnya. Klinik Utama Gracia menjadi salah satu penyedia layanan kesehatan yang memang hadir secara khusus untuk mengobati keluhan genital Anda dengan lebih intensif serta efektif.

Dokter Anda tersedia langsung diklinik kami, atau konsultasi dulu via chat online dengan klik link dibawah ini. Untuk reservasi dan pertanyaan lebih lanjut telepon di nomor 081336361555 dengan infomasi kesehatan yang lebih lengkap tanpa biaya!

Baca Juga: Obat Sipilis atau Sifilis

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan