• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

4 Cara Mengobati Keputihan Yang Gatal

4 Cara Mengobati Keputihan Yang Gatal
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Infeksi jamur pada area kewanitaan seringkali menyebabkan terjadinya gatal yang akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan. Walaupun tidak membahayakan, namun Anda tetap melakukan cara mengobati keputihan yang gatal untuk mengatasi permasalahan yang Anda alami tersebut.

Keputihan gatal yang Anda alami merupakan tanda bahwa Anda mengalami keputihan patologis atau disebut juga keputihan abnormal. Seharusnya keputihan yang keluar dari vagina tidak akan menyebabkan gatal, berbau ataupun berwarna. Namun ketika ketiganya ataupun salah satunya terjadi, sudah dipastikan bahwa Anda mengalami keputihan abnormal. Terjadinya keputihan yang gatal juga menyebabkan penderitanya menggaruk area kewanitaan yang akhirnya malah menyebabkan iritasi.

Lakukan cara mengobati keputihan yang gatal berikut ini.

1. Memeriksakan Kondisi Anda Pada Dokter

Cara mengobati keputihan yang gatal yang paling utama adalah dengan memeriksakan kondisi yang Anda alami pada dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya apakah memang karena infeksi jamur atau karena suatu hal lainnya. Pemeriksaan dimulai dengan menguji sampel cairan yang berasal dari vagina Anda. Bila memang disebabkan oleh infeksi jamur, maka pengobatan dengan anti jamur akan diberikan. Namun bila karena kondisi kesehatan tertentu, maka akan ditangani sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

2. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan akan menghindarkan Anda dari terinfeksi mikroorganisme penyebab keputihan gatal. Bersihkan area kewanitaan dengan membasuhnya dengan air, tidak perlu menggunakan sabun yang malah akan membuat keseimbangan pH vagina menjadi terganggu. Setelah dibersihkan, sebaiknya keringkan area kewanitaan, jangan sampai Anda menggunakan pakaian ketika area sensitif tersebut masih lembab. Hal ini malah akan memicu pertumbuhan jamur, dan akhirnya menyebabkan keputihan abnormal.

chat

3. Menghindari Produk Tertentu

Tisu, tampon, pembalut, panty liner, ataupun pembersih yang memiliki kandungan pengharum atau parfum ternyata dapat menyebabkan keputihan abnormal. Tujuan awal yang ingin mengharumkan area kewanitaan, malah membuat terjadinya gangguan pada pH vagina. Akhirnya mikroorganisme dapat dengan mudah berkembang seperti misalnya bakteri.

4. Pola Hidup Sehat

Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari ternyata juga dapat memicu terjadinya keputihan. Anda dapat mengonsumsi makan sehat seperti kentang, ubi, lemon, alpukat, yoghurt ataupun edamame sebagai asupan gizi bagi tubuh agar terhindar dari infeksi mikroorganisme apapun. Anda juga harus menghindari asupan gula berlebih, karena gula dapat memicu perkembangan bakteri semakin banyak sehingga dapat terjadi keputihan abnormal yang gatal. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan keputihan juga harus menjauhi konsumsi kopi, teh, soda, makanan fermentasi dan juga coklat agar keputihan tidak bertambah parah.

Tak perlu khawatir bila Anda mengalami keputihan abnormal, karena semakin Anda stres dan terbebani dengan masalah tersebut, maka tubuh akan cenderung terangsang untuk menghasilkan keputihan lebih banyak. Sebaiknya lakukan cara mengobati keputihan yang gatal di atas, dengan terlebih dulu melakukan pemeriksaan ke dokter.

Di Klinik Utama Gracia, permasalahan Anda tersebut dapat terselesaikan dengan terlebih dahulu memeriksakan diri pada dokter di klinik kami. Atau sebelum memeriksakan diri, Anda juga bisa berkonsultasi mengenai hal tersebut pada staf Klinik Utama Gracia dengan menggunakan layanan chatting pada halaman ini yang dapat digunakan secara online. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan