• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

3 Penyebab Balanitis Yang Utama

3 Penyebab Balanitis Yang Utama
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )



Penyebab balanitis? Menurut Anda apa penyebab dari penyakit balanitis pada bagian kepala penis pria? Balanitis adalah peradangan atau iritasi pada kepala penis atau glans penis. Dalam setiap pria baik dewasa maupun anak-anak mungkin akan lebih mudah untuk mengembangkan sebuah iritasi atau peradangan pada area kepaala penisnya.

Setiap kondisi penyebab balanitis ini bisa termasuk dalam kondisi yang umum dan termasuk dalam kondisi yang dapat dicegah atau diobati dengan baik secara medis. Keluhan balanitis pada seorang pria biasanya disebabkan oleh adanya beberapa juga tindakan yang tidak disadari sebelumnya. Sehingga meningkatkan adanya risiko secara langsung dari adanya gejala-gejala infeksi tersebut.

Apa saja gejala dari adanya keluhan balanitis atau peradangan pada kepala penis pria? berikut adalah diantaranya:

o Kulit kemerahan atau iritasi

o Pembengkakan pada area kelenjar, ujung penis, atau kulit kulup

o Pengeluaran sekresi atau kotoran (smegma) tebal dibawah kulup

o Ruam disertai rasa gatal pada penis

o Adanya bau yang tidak menyenangkan

o Kulit kulup yang tidak dapat kembali seperti semula setelah ditarik (phimosis)

o Sakit saat buang air kecil (BAK) dan juga beberapa gejala infeksi saluran kemih lainnya

Dalam sebagian kasus balanitis, seseorang juga mungkin akan memiliki gejala tambahan seperti disertai dengan adanya demam. Gejala-gejala dari balanitis dapat bervariasi bergantung dengan tingkat keparahannya, selain itu beberapa kondisi gejala juga mungkin tidak akan Anda alami. Setiap gejala akan muncul pada sebagian kecil area penis atau juga secara keseluruhan.

Lalu apa saja penyebab balanitis yang paling utama pada pria?

Phimosis Atau Kulup Panjang

Phimosis atau kulup panjang adalah penyebab balanitis yang paling utama dan juga sebaliknya. Phimosis atau kulup panjang biasanya dimiliki oleh pria dan anak laki-laki yang belum disunat, dimana kulit kulup masih menutupi kepala penis. Dan hal inilah yang meningkatkan adanya risiko peradangan dapat terjadi jika tidak dibersihkan secara teratur dan benar.

Penumpukan smegma atau kotoran yang dihasilkan dari keringat, kulit mati, dan beberapa perkembangan bakteri akan berkumpul pada bagian bawah kulit kulup dan menyebabkan adanya iritasi atau infeksi. Jika phimosis (perlengketan kulit kulup sehingga tidak dapat ditarik karena terasa ketat) menjadi penyebab balanitis memang akan lebih menyulitkan dan juga menyakitkan bagi seorang pria jika disertai dengan adanya keluhan balanitis.

Infeksi Bakteri Atau Mikroorganisme Lainnya

Infeksi juga merupakan bagian dari penyebab balanitis, baik itu infeksi dari bakteri, jamur, maupun mikroorganisme lainnya yang dapat berisiko menimbulkan gejala balanitis. Area kulit kulup yang lembab dan hangat menjadi tempat yang ideal bagi semua jenis mikroorganisme untuk berkembang dengan mudah dan menyebabkan adanya keluhan balanitis tersebut.

Berbagai infeksi dapat berkembang pada area alat reproduksi Anda, dan tidak terkecuali dengan infeksi yang ditularkan secara seksual. Penyebab penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore, klamidia, dan herpes mudah untuk menjadi penyebab balanitis dan juga tidak jarang menyebarkan infeksinya pada pasangan Anda.

Reaksi Alergi Atau Iritasi

Reaksi alergi atau iritasi dari berbagai hal juga bisa berpotensi menjadi penyebab balanitis, misalnya seperti reaksi terhadap zat atau bahan-bahan tertentu atau memang didasari oleh kondisi kulit tertentu. Penggunaaan seperti deterjen, sabun, dan spermisida adalah beberapa yang menyebabkan adanya iritasi pada kulit Anda.

Kondisi kulit seperti dermatitis, psoriasis, kudis, dan eksim juga bisa meningkatkan adanya kemungkinan terhadap keluhan balanitis bagi seorang pria. Dimana seorang pria mungkin tidak dapat menyadari kondisi tersebut. Misalnya pada seseorang yang memiliki riwayat diabetes, yaitu ketika seseorang mendapatkan luka diarea alat kelamin, dan semakin meluas akan seringkali diabaikan dan akhirnya menimbulkan keluhan keluhan baru seperti balanitis.

Baca Juga: Peyakit Balanitis Pada Pria

chat

Mencegah Dan Mengatasi Penyebab Balanitis

Mencegah berarti juga menghindari atau mengurangi kemungkinan adanya keluhan balanitis yang dapat muncul. Tindakan mencegah memang akan sangat diperlukan bagi Anda yang mungkin berpotensi tinggi untuk mendapatkan keluhan balanitis, dimana setiap hal atau tindakan dalam mencegah keluhan balanitis juga bisa digunakan dalam mengatasi adanya kondisi yang lebih serius.

o Menjaga kebersihan pada area sekitar alat reproduksi Anda setiap hari

o Hindari mandi busa atau menggunakan sabun maupun bahan-bahan yang berpotensi mengakibatkan adanya iritasi

o Pastikan ujung penis Anda kering dan bersih setelah buang air kecil (BAK)

o Tidak melakukan kontak seksual yang berisiko terhadap infeksi

o Lakukan sirkumsisi atau sunat

Beberapa tindakan pencegahan tersebut bisa Anda lakukan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari, guna menghindari kemungkinan munculnya penyebab balanitis yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan area organ reproduksi Anda. Jika keluhan terus berlanjut atau jika Anda memiliki kondisi lainyang mengakibatkan adanya keluhan balanitis, maka segera lakukan tindakan lebih lanjut dengan melakukan pemeriksaan atau perawatan secara medis.

Jika Anda belum melakukan tindakan sirkumsisi atau sunat, maka Anda akan lebih disarankan untuk melakukan tindakan tersebut. Selain memang tindakan yang dianjurkan untuk mengatasi keluhan balanitis, tindakan tersebut juga akan mengurangi risiko Anda terinfeksi penyakit menular seksual (PMS) yang berbahaya.

Namun jika Anda tidak menyutujui untuk dilakukannya tindakan tersebut, maka Anda juga bisa melakukan cara perawatan lain sesuai dengan anjuran dokter. Misalnya seperti pemberian beberapa obat-obatan seperti:

o Antibiotik untuk mengatasi balanitis yang disebabkan oleh bakteri

o Krim antijamur jika kondisinya disebebkan oleh infeksi jamur

o Krim steroid guna meringankan balanitis akibat masalah kulit

Lakukan Pengobatan Di Klinik Utama Gracia

Mengapa harus di Klinik Utama Gracia?  Karena memang Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik dengan metode perawatan dan pelayanan medis terbaik dalam menangani setiap keluhan ginekologi, andrologi, dan juga keluhan lainnya. Setiap perawatan yang kami berikan dan anjurkan akan bergantung pada apa yang menjadi penyebab keluhan, sehingga Anda akan mendapatkan pengobatan yang lebih sesuai dan tepat.

Dengan sistem yang terarah dan modern, Anda akan dimudahkan dengan setiap pelayanan yang kami berikan untuk memprioritaskan kesembuhan Anda. Tunggu apalagi segera lakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan dokter-dokter profesional diklinik kami. Hubungi kami di nomor 081336361555 untuk memudahkan konsultasi Anda atau klik layanan chat online kami.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan