• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

3 Media Atau Cara Penularan Penyakit Sifilis Yang Paling Berisiko

3 Media Atau Cara Penularan Penyakit Sifilis Yang Paling Berisiko
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )



Bagaimana dan melalui apa saja cara penularan penyakit sifilis? Sangat umum untuk saat ini mendapatkan sebuah infeksi menular seksual (IMS) seperti sifilis atau raja singa. Hal ini terjadi karena adanya banyak faktor dan cara penularan penyakit sifilis yang jauh dirasa lebih mudah dari sebelumnya. Anda mungkin dapat terlular dari berbagai media yang memang dapat berpotensi untuk menyebabkan infeksi penyakit sifilis dan berikut ini juga menjadi bagian dari cara penularan penyakit sifilis yang cukup sering ditemukan dan dialami oleh sebagian orang, diantaranya:

Berdekatan Atau Kontak Dengan Luka Infeksi Sifilis

Jika masih ada munculnya luka sifilis atau chancre, ini tentu akan lebih identik dengan tahapan atau fase penyakit sifiilis awal primer. Dimana sebuah luka sifilis pada tahap awal tersebut akan lebih cenderung mudah untuk ditransmisikan atau ditularkan dari satu orang ke orang lainnya baik melalui sentuhan atau hanya dengan jarak yang berdekatan dengan area luka infeksi tersebut.

Tidak jarang jika sebagian besar orang tidak dapat menyadari kondisinya jika mengalami infeksi penyakit sifilis karena dalam tahap awal penyakit sifilis dapat memiliki gejala seperti:

o Luka yang tanpa menimbulkan rasa sakit

o Luka biasanya berbentuk bulat dan keras

o Luka dapat menghilang dengan sendirinya baik diobati maupun tidak

o Luka dapat muncul pada penis, vagina, anus, bibir, mulut, maupun tangan dimana tempat pertama kali infeksi masuk kedalam tubuh.

Secara sengaja maupun tidak sengaja, jika Anda mengalami kontak dengan area luka sifilis tentu itu akan meningkatkan kesempatan Anda untuk tertular atau terinfeksi dengan bakteri penyebab penyakit sifilis. Sehingga Anda juga harus lebih memperhatikan lingkungan atau orang-orang disekeliling Anda ketika memiliki risiko untuk adanya cara penularan penyakit sifilis atau penyakit menular lainnya.

Baca Juga: Cara Pencegahan Sifilis Untuk Wanita Hamil

chat

Banyaknya Jumlah Pasangan Seksual

Memiliki jumlah pasangan seskual diatas rata-rata atau sering berganti pasangan seksual juga menjadi pemicu utama adanya cara penularan penyakit sifilis yang paling berpotensi. Berbagai bentuk aktifitas seksual baik vaginal, oral, maupun anal memang menjadi media utama dalam cara penularan penyakit sifilis maupun penyakit menular seksual (PMS) lainnya.

Semakin banyak jumlah pasangan seksual Anda itu berarti semakin tinggi pula kesempatan Anda untuk mendapatkan infeksi atau penyakit menular seksual (PMS). selain melalui kontak langsung secara seksual, dengan berbagi mainan seks secara bersama dengan orang yang terinfeksi oleh bakteri penyakit sifilis itu sama halnya dengan juga berpotensi untuk menjadi tertular atau menularkan infeksinya pada orang lain.

Infeksi Pada Bayi Melalui Jalan Lahir

Seorang ibu hamil dengan diagnosa sifilis dapat menularakan infeksinya kepada bayi yang belum lahir selama proses kehamilan atau proses kelahirannya. Tidak jarang jika setiap ibu hamil akan disarankan agar melakukan pemeriksaan secara teratur dan berkala guna menghindari adanya infeksi yang bersifat bawaan atau diturunkan melalui proses perkembangan kehamilannya.

Pada dasarnya kondisi ini tentu akan jauh lebih bersifat bahaya dan kompleks untuk sebagian besar kasus penyakit sifilis kongenital (sifilis yang menular pada janin melalui plasenta selama kehamilan). Masalah serius tidak hanya dapat muncul pada sang ibu, namun juga bisa menimbulkan masalah kesehatan yang bersifat permanen bagi bayi yang dilahirkan bahkan tidak jarang juga berisiko hingga kehilangan nyawa.


Bagaimana Saya Menghindari Penularan Sifilis?

Semakin banyaknya media dan cara penularan penyakit sifilis saat ini bukan berarti Anda juga tidak bisa menghindari untuk penularan infeksinya. Ada beberapa tindakan yang bisa Anda terapkan guna menghindari adanya penyebaran atau cara penularan penyakit sifilis yang berisiko, yaitu:

o Anda dapat menerapkan sistem monogami atau hanya memiliki satu pasangan seksual saja

o mempraktikan hubungan seksual yang aman dan bersih

o merubah gaya hidup yang lebih sehat

Jika kondisi infeksi sudah terjadi, maka penting bagi Anda untuk segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan. Karena penyakit sifilis yang ditangani pada tahap awal masih dapat disembuhkan secara tuntas dengan pengobatan medis yang dilakukan. Tes dan uji klinis untuk mengetahui adanya infeksi dari penyakit sifilis juga dapat Anda lakukan guna mencegah adanya gejala yang tersembunyi bagi Anda yang memiliki riwayat atau kondisi tertentu.

Klinik Utama Gracia dapat menjadi rekan kesehatan Anda dalam setiap informasi dan konsultasi seputar organ reproduksi baik pria maupun wanita. Layanan terpadu kami bisa Anda dapatkan dengan klik tombol chat konsultasi kami atau hubungi di nomor 081336361555 secara langsung. Keunggulan kami adalah bagian dari prioritas kesembuhan Anda.

Baca Juga: Selain Melalui Hubungan Seks, Penyakit Sipilis Menular Atau Tidak?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan