• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

3 Macam Penularan Sipilis Yang Paling Rentan

3 Macam Penularan Sipilis Yang Paling Rentan
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )



Bagaimana penularan sipilis daat terjadi? Apa saja media dan cara penyebaran dari bakteri penyebab sipilis pada pria dan wanita? Cari tahu lebih banyak informasi kesehatan Anda disini. Dalam pembahasan kali ini, informasi tentang penularan sipilis dan cara penyebarannya juga harus Anda ketahui secara spesifik sebagai salah satu cara pencegahan untuk menghindari infeksinya.

Lalu, bagaimana dan seperti apa cara penularan sipilis antara satu orang dengan orang lainnya? berikut adalah beberapa cara penularan atau media yang dibutuhkan untuk transmisi bakteri sipilis, yaitu:

1. Kontak Seksual

Alasan yang paling utama adalah ketika terjadinya sebuah luka sipilis (chancre), dimana luka akan menjadi sangat menular dan mudah untuk ditularkan antara satu orang dengan orang lainnya. Karena termasuk dalam salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS), artinya penyakit sipilis atau raja singa ini berarti memiliki media utama penularan atau penyebarannya melalui kontak seksual.

Beberapa penularan sipilis melalui aktifitas seksual lain diantaranya seperti:

o Selama hubungan seks vaginal atau anal

o Ketika seseorang dengan luka sipilis di mulut atau tenggorokannya memberikan seks oral kepada orang lain (atau sebaliknya, ketika luka sipilis diarea kelamin dan dilakukan seks oral)

o Melalui kontak oral-anal (rimming)

o Berhubungan seksual dengan seseorang yang didiagnosa positif sipilis

o Seseorang yang melakukan aktifitas seksual sesama jenis

Sipilis dapat ditransmisikan dengan mudah antara satu orang dengan orang lainnya melalui aktifitas secara langsung yang melibatkan kontak kulit ke kulit. Yang artinya kontak seksual yang Anda lakukan itulah yang berpotensi menjadi risiko tertinggi untuk penularan sipilis bahkan jika tidak terjadi penetrasi seksual sekalipun. Dan menjadi kondisi yang mengancam jiwa jika tidak diobati secara tepat dan tuntas.

Baca Juga: Spesifikasi Ciri Penyakit Sipilis Dan Diagnosanya!

chat

2. Kontak Non Seksual

Mengapa kontak non seksual juga bisa menimbulkan infeksi sipilis? Hal ini terjadi karena gejala sipilis yang dialami oleh seseorang juga tidak selalu ada diarea alat kelamin dan bahkan dengan kontak tidak langsung yang dilakukan juga bisa menimbulkan risiko penularan sipilis yang mudah. Beberapa kontak secara tidak langsung atau kontak non seksual yang yang memicu penyebaran sipilis misalnya seperti:

o Berbagi mainan seksual atau pakaian dalam dengan seseorang yang didiagnosa sipilis

o Orang-orang yang memiliki interaksi secara langsung dengan penderita sipilis dapat beresiko terkena sipilis jika abrasi atau luka pada kulit bersentuhan dengan lesi sipilis.

o Bersentuhan dengan kulit lunak, luka, atau selaput lendir penderita sipilis (sengaja maupun tidak sengaja)o Transfusi darah atau berbagi jarum dengan orang-orang yang berisiko PMS juga bisa menjadi penyebab non seksual dari penularan infeksi
 

3. Penularan Melalui Jalan Lahir

Sipilis kongenital atau sipilis yang ditularkan selama masa kehamilan atau saat seoran wanita dengan diagnosa positif sipilis dan melahirkan bayinya melalui jalan lahir (normal). Penularan melalui media ini mungkin akan jauh lebih berisiko tinggi bagi ibu dan anak yang dilahirkan nantinya. Sehingga tidak jarang jika seorang ibu hamil mungkin akan disarankan untuk melakukan tes atau uji sipilis maupun skrining PMS untuk menghindari adanya risiko penularan melalui jalan lahir yang berbahaya.

Dapatkan perawatan, pengobatan, dan tindakan medis yang tepat di Klinik Utama Gracia jika Anda merasa atau mencurigai adanya gejala serta tanda infeksi menular seksual disekitar area genital. Untuk informasi lebih lanjut segera dapatkan jadwal reservasi dan konsultasi di layanan chat dokter atau teledokter kami dengan menghubungi di nomor 081336361555 . Karena informasi dan pelayanan medis unggulan terbaik hadir di klinik kami untuk kesembuhan Anda.

Baca Juga: Apa Penyakit Sipilis? Seberapa Menular Dan Berbahaya

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan