• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

3 Dampak Kutil Kelamin Untuk Tubuh

3 Dampak Kutil Kelamin Untuk Tubuh
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Dampak kutil kelamin yang paling utama tentu adalah perubahan pada jumlah kutil jika keluhannya terus dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga tidak jarang jika sebuah keluhan kutil kelamin akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh seseorang. Anda mungkin akan jauh lebih disarankan untuk melakukan pengobatan dan perawatan agar keluhannya dapat diatasi dengan baik. Berikut adalah dampak kutil kelamin untuk tubuh dan kesehatan yang paling utama, yaitu:

1. Perkembangan Kanker

Perkembangan sel kanker dapat terjadi ketika sebuah infeksi dari HPV (human papilloma virus) ditemukan dari jenis yang memang dapat dikaitkan dengan pertumbuhan sel kanker didalam tubuh seseorang. hal ini dikarenakan HPV juga bisa menimbulkan beberapa kecenderungan kondisi kanker yang seperti:

o Kanker vulva

o Kanker vagina

o Kanker serviks

o Kanker penis

o Kanker dubur

o Kanker mulut atau tenggorokan

Meskipun tidak selalu infeksi HPV dapat menyebabkan kanker sebagai dampak kutil kelamin pada pria dan wanita, namun penting bagi wanita untuk secara berkala melakukan tes pap smear jika dirinya sudah aktif melakukan kontak seksual guna mencegah adanya perkembangan infeksi kutil kelamin menjadi kanker serviks yang berisiko tinggi bagi ksesehatan organ reproduksinya.

Baca Juga: Atasi Kutil Pada Kemaluan Pria Dan Wanita

chat

2. Masalah Kehamilan Dan Kelahiran

Risiko memang akan jauh lebih besar dirasakan bagi seorang wanita dibandingkan pada pria, namun bukan berarti pria juga tidak bisa mengembangkan dampak kutil kelamin yang juga berbahaya. Seorang ibu yang hamil dan melahirkan dengan riwayat diagnosa kutil kelamin positif tentu dapat menularkan infeksi virusnya pada sang anak.

Risiko bayi baru lahir dengan papilomatosis laring atau kutil yang tumbuh didalam tenggorokan adalah salah satu risiko berbahaya bagi bayi Anda setelah dilahirkan. Karena kondisi ini tidak jarang ditemukan juga bayi yang mati sesaat dilahirkan karena kesulitan bernafas akibat terhalang dari pertumbuhan kutil tersebut.

3. Pertumbuhan Kutil Yang Lebih Banyak

Jika kutil yang tumbuh semakin banyak atau areanya bertambah luas maka kemungkinan adanya masalah kesehatan lain, misalnya jika kutil tumbuh pada area kepala penis atau bibir vagina, yang lama kelamaan kutil dapat berkembang dan menutupi area saluran kemih atau uretra serta bisa menimbulkan keluhan pada sistem saluran kemih Anda.

Jika hal tersebut terjadi pada uretra wanita, biasanya kecenderungan untuk adanya pendarahan pada area kelamin juga bisa terjadi akibat adanya gesekan. Selain itu jika kondisi ini terus dibiarkan maka dalam beberapa kondisi seseorang mungkin juga akan memiliki sekresi atau oengemuaran cairan yang bisa menimbulkan bau.

Hindari Dampak Kutil Kelamin Dengan Pemeriksaan Dini

Setiap dampak kutil kelamin tentu dapat dialami oleh siapa saja yang memiliki infeksinya, sehingga Anda juga harus menghindari hal tersebut dengan melakukan tindakan pemeriksaan sedini mungkin. Pemeriksaan dan pengobatan dilakukan dengan tujuan untuk menghindari adanya kondisi yang lebih buruk untuk tubuh Anda.

Umumnya dokter Anda dapat langsung mendapatkan analisis diagnosa hanya dengan melakukan pemeriksaan fisik jika seseorang memiliki tanda dan gejala penyakit kutil kelamin. Akan tetapi dalam beberapa kondisi orang yang mengembangkan infeksi kutil dapat tidak terlihat, karena kutil yang tumbuh pada area-area bagian dalam organ reproduksi.

Banyak orang yang mungkin tidak terlalu memperhatikan keluhannya karena tidak disertai dengan adanya rasa sakit. Namun Anda juga harus mewaspadai adanya dampak kutil kelamin yang ditimbulkan bagi tubuh serta kesehatan sistem reproduksi Anda. Kunjungi Klinik Utama Gracia untuk pemeriksaan awal Anda, karena didukung dengan dokter dan peralatan medis dengan standar kesehatan terbaik Anda akan mendapatkan prioritas kesehatan genital secara khusus diklinik kami.

Jangan tunggu lama lagi! Layanan konsultasi online secara gratis dengan klik chat dokter dibawah ini atau hubungi dokter langsung di nomor 081336361555 .

Baca Juga: 3 Cara Mengobati Kutil Di Kemaluan Pria Dan Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan