• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

3 Cara Mengobati Kutil Di Kemaluan Pria Dan Wanita

3 Cara Mengobati Kutil Di Kemaluan Pria Dan Wanita
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (5 orang penilai )

Mengalami kutil di bagian kemaluan atau genital seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Keberadaan kutil kelamin atau kondiloma akuminata ini dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Terlebih lagi, umumnya kutil kelamin akan membuat hubungan seksual dengan pasangan menjadi tidak menyenangkan, bahkan tidak bisa melakukannya sama sekali. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah cara mengobati kutil di kemaluan pria dan juga wanita.

Kutil kemaluan atau kutil kelamin dapat terjadi karena infeksi Human Papillomavirus atau HPV, dan termasuk dalam penyakit menular seksual. Dari sekitar 130 tipe HPV, penyebab kutil kelamin umumnya disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. Setelah terinfeksi HPV, seseorang bisa saja tidak langsung mengalami gejala keberadaan kutil kelamin. Hal ini berarti, bahwa tidak selamanya seseorang yang mengalami kutil kelamin baru terinfeksi HPV, karena kemungkinan HPV juga bisa sudah menginfeksi tubuh sejak lama, namun baru muncul gejala.

Penularan HPV dapat terjadi ketika melakukan kontak seksual dengan penderita, bahkan bila penderita tidak memiliki gejala adanya kutil sekalipun. Keberadaan kutil kelamin biasanya terjadi secara berkelompok, kutil yang muncul biasanya kecil dan jumlahnya banyak, bentuknya seperti daging tumbuh dengan permukaan seperti kembang kol, dan seringkali menyebabkan gatal. Karena bisa terjadi pada pria dan wanita, maka kutil kelamin ini dapat ditemukan pada penis, vagina bagian dalam ataupun luar dan juga anus.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati kutil di kemaluan pria dan wanita:

1. Obat Topikal

Obat topikal merupakan obat yang digunakan pada bagian luar, dan umumnya diberikan dengan dioleskan, seperti salep, krim, ataupun gel. Bagian yang terdapat kutil kelamin akan dioleskan obat topikal yang berguna untuk menghilangkan jaringan kutil kelamin dan juga merangsang ketahanan tubuh untuk melawan infeksi virus yang sedang terjadi agar cepat sembuh dan tidak kambuh kembali nantinya.

chat

Penggunaan obat topikal untuk kutil kelamin harus berdasarkan resep dokter, dan harus berhati-hati saat pengaplikasiannya. Hal ini dikarenakan, kebanyakan obat topikal kutil kelamin adalah cairan keras yang bisa merusak jaringan kulit normal.

2. Kriyoterapi (Cryotheraphy)

Cara mengobati kutil di kemaluan pria dan wanita berikut ini dilakukan dengan membekukan kutil kelamin. Pembekuan ini akan menggunakan nitrogen cair yang diaplikasikan pada kutil kelamin dengan menggunakan cryoprobe selama 10 hingga 20 detik.

3. Operasi

Prosedur operasi yang akan dilakukan terdiri dari berbagai macam, mulai dari memotong kutil, mencukur kutil (eksisi), menghilangkan kutil dengan laser (laser kuretase), atau juga membakar kutil menggunakan elektrocauter.

Ketika Anda mengetahui diri Anda mengalami kutil kemaluan atau kutil kelamin, ataupun Anda sedang dalam pengobatan untuk menghilangkan kutil, maka akan lebih baik bila Anda tidak terlebih dahulu melakukan hubungan seksual hingga kutil kelamin sembuh. Pasangan juga harus melakukan pemeriksaan untuk melihat apakah adanya infeksi HPV yang terjadi, walaupun tidak didapati gejala munculnya kutil kelamin.

Mencegah infeksi HPV ini dapat dilakukan dengan pemberian vaksin pada pria dan wanita. Akan lebih baik jika pemberian vaksin ini dilakukan ketika Anda belum aktif secara seksual, untuk membuat vaksin bekerja dengan lebih efektif untuk melindungi Anda dari infeksi HPV. Namun bukan berarti seseorang yang sudah aktif secara seksual tidak boleh mendapatkan vaksin, Anda masih bisa melakukan vaksin walaupun sudah pernah melakukan hubungan seksual.

Bila Anda menemukan adanya kutil pada area genital ataupun anus, maka periksakan dan lakukan pengobatan pada Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan