• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

3 Cara Menghilangkan Keputihan Yang Gatal

3 Cara Menghilangkan Keputihan Yang Gatal
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )

Keputihan abnormal umumnya akan disertai dengan gejala penyerta keputihan, salah satunya adalah munculnya rasa gatal yang mengganggu. Hal ini membuat penderitanya selalu ingin menggaruk area kewanitaan yang bisa menyebabkan terjadinya iritasi karena garukan yang terjadi. Sebenarnya apa penyebab keputihan yang gatal dan juga cara menghilangkan keputihan yang gatal yang tepat?

Perlu diketahui bahwa keputihan yang normal tidak akan menyebabkan munculnya gatal pada area kewanitaan. Jadi, bila Anda mengalami gatal yang menimbulkan ketidaknyamanan, maka bisa saja itu merupakan salah satu gejala keputihan abnormal. Selain itu cara menghilangkan keputihan yang gatal hanya dapat dilakukan berdasarkan penyebabnya, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dulu agar dapat memastikan penyebab keputihan gatal tersebut.

Penyebab Keputihan Yang Gatal

1. Infeksi Bakteri, Jamur, Parasit Ataupun Virus

Infeksi bakteri, jamur, parasit ataupun virus pada area kewanitaan menjadi penyebab utama terjadinya gatal yang menyertai keputihan. Bukan hanya gatal, namun keputihan yang terjadi bisa saja berwarna dan berbau yang tidak normal. Selain itu, disertai gejala lainnya yang umumnya akan sangat mengganggu. Membedakan penyebabnya, dapat dilakukan dengan memperhatikan gejala keputihan yang terjadi.

2. Penyakit Menular Seksual

Ketika wanita tertular penyakit menular seksual saat melakukan hubungan seksual dengan penderita, maka gejala yang umumnya terjadi, salah satunya adalah keputihan yang gatal. Adapula gejala lainnya yang akan terjadi yaitu, keputihan keluar secara berlebihan, dan berbau tidak sedap.

chat

Cara Menghilangkan Keputihan Yang Gatal

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari permasalahan keputihan yang gatal:

1. Menjaga Kebersihan Dan Kelembaban Area Kewanitaan

Kedua hal ini harus mendapat perhatian lebih bagi Anda para wanita. Membersihkan area kewanitaan sebenarnya dapat dilakukan hanya dengan air bersih saja, tidak perlu produk pembersih vagina apapun. Karena produk ini cenderung akan merusak ekosistem alami di vagina, sehingga jumlah bakteri baik semakin sedikit dan bakteri jahat dapat tumbuh dengan bebas.

Menjaga kelembaban area kewanitaan juga terkadang diabaikan. Usahakan untuk mengeringkan area kewanitaan dengan benar setelah dibersihkan atau setelah mandi. Dan gunakan celana dalam berbahan katun serta hindari pemakaian celana yang terlalu ketat. Hal-hal tersebut dilakukan agar kelembaban area kewanitaan terjaga, sehingga mikroorganisme jahat tidak mudah berkembangbiak pada area tersebut.

2. Hindari Hubungan Seksual Berisiko

Bila Anda merupakan wanita yang aktif secara seksual, maka selalu hindari aktivitas seksual yang berisiko menularkan Anda penyakit menular seksual. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari keputihan abnormal. Selalu gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual, dan tidak berganti-ganti pasangan seksual merupakan cara yang bisa Anda lakukan.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Ternyata mengonsumsi terlalu banyak makanan manis, dapat memicu pertumbuhan bakteri jahat pada vagina sehingga keseimbangan bakteri baik di vagina menjadi rusak. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya gatal pada area kewanitaan yang juga diikuti keputihan yang abnormal. Untuk itu, pilihlah makanan dan minuman yang sehat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan area kewanitaan.

Mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya juga akan membantu tubuh menghindari infeksi bakteri yang mungkin terjadi. Hal ini dikarenakan bakteri akan dibuang melalui urine bila Anda cukup mengonsumsi air putih.

Itulah cara menghilangkan keputihan yang gatal untuk permasalahan yang Anda alami. Bila kondisi ini sangat mengganggu, dan telah terjadi cukup lama, ataupun Anda ingin memastikan penyebab keputihan abnormal tersebut, segera lah lakukan pemeriksaan pada Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan