• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

3 Cara Menghilangkan Anyang-anyangan Secara Alami

3 Cara Menghilangkan Anyang-anyangan Secara Alami
Nilai Rata-rata: 8.3 / 10 (3 orang penilai )



Bagaimana cara mengatasi anyang anyangan pada pria dan wanita? Pernahkah Anda mendengar kata anyang anyangan dan apakah Anda pernah mengalaminya? Penting bagi pria dan wanita untuk memahami tentang penyakit ini, berikut penjelasannya.

Anyang anyangan merupakan ganguan kesehatan yang terjadi pada sistem kemih manusia. Kondisi ini ditandai dengan keinginan buang air kecil dengan debit urin yang sangat sedikit dan disertai dengan berbagai macam gejala ketidaknyamanan lainnya.

Anyang anyangan dikenal juga dengan infeksi saluran kemih (ISK) yang dapat menyerang pria maupun wanita. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, karena wanita memiliki saluran yang lebih pendek dibanding pria, hal ini yang menyebabkan bakteri mudah untuk menginfeksi saluran kemih.

Lalu, Apa yang Menyebabkan Anyang Anyangan Terjadi?

Sebelum mengetahui cara mengatasi anyang anyangan ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan Anda mengalami anyang anyangan atau infeksi saluran kemih. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya anyang anyangan, di antaranya:

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kehilangan cairan. Seperti yang kita ketahui bahwa cairan sangat berfungsi dalam sistem kemih dan kesehatan tubuh. Disaat Anda mengalami dehidrasi yang ditandai dengan kekukarang cairan, maka kondisi ini akan menyebabkan terganggunya fungsi normal pada sistem kemih pria maupun wanita. Dan ini menjadi salah satu penyebab anyang anyangan.
 

chat

2. Infeksi Bakteri

Anyang anyangan juga terjadi akibat adanya infeksi pada saluran kemih. Biasanya, ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang berasal dari saluran cerna yang dikenal dengan bakteri escherichia coli (e. coli). Bakteri ini dapat menular dari satu orang ke orang lain.

Pada wanita, infeksi ini dapat terjadi ketika tidak menjaga kebersihan area kewanitaan. Saat Anda membersihkan area kewanitaan dengan cara yang salah, seperti membersihkan dari belakang ke depan, maka hal ini bisa menjadi penyebab bakteri berpindah ke saluran kemih.

Aktivitas seksual yang tidak aman juga menjadi salah satu penyebab penularan bakteri. Bakteri ini sangat mudah untuk menular dari satu orang ke orang lain ketika melakukan aktivitas seksual bebas, seperti berhubungan seks dengan banyak pasangan terlebih berhubungan seks dengan pasangan yang menderita penyakit menular seksual.

Kenali, Ciri Ciri Anyang Anyangan

• Nyeri dan terasa perih saat buang air kecil
• Keinginan buang air kecil yang meningkat
• Rasa sakit dan tidak nyaman pada perut bagian bawah
• Bau urin yang menyengat
• Urin berwarna pekat bahkan bercampur dengan darah

Jika Anda memiliki salah satu ciri seperti di atas, maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan dan mencegah kondisi yang semakin buruk.

Apakah Anyang Anyangan Berbahaya?

Umumnya, anyang anyangan atau infeksi saluran kemih tidak begitu mengkhawatirkan. Namun, jika terus menerus dibiarkan tanpa melakukan penanganan apapun, maka kondisi ini bisa berubah menjadi komplikasi yang sangat berbahaya.

Infeksi saluran kemih yang dibiarkan tanpa melakukan pengobatan akan mengakibatkan perkembangan bakteri yang semakin besar. Bakteri akan berkembang dan menginfeksi sistem reproduksi lainnya, seperti dapat menginfeksi ginjal yang menyebabkan gagal ginjal dan berbagai macam kerusakan fungsi sistem reproduksi pada pria dan wanita.

Inilah Cara Mengatasi Anyang Anyangan Pada Pria Dan Wanita

Ada beberapa cara mengatasi anyang anyangan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah komplikasi yang lebih buruk.

1. Mengkonsumsi Air Putih

Langkah pertama cara mengatasi anyang anyangan yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mengkonsumsi air putih. Air putih mempunyai khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita, sehingga jika kita kekurangan air putih, maka akan banyak sekali bahaya yang kita dapatkan akibat dari kurang minum air putih.

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa dehidrasi atau kekurangan cairan menjadi salah satu penyebab terjadinya infeksi saluran kemih. Dehidrasi tidak boleh dianggap remeh, sebab akan membuat semua organ tubuh menjadi tidak dapat bekerja secara maksimal.

Seseorang yang mengalami dehidrasi akan mengalami pengentalan darah, terutama bagi wanita yang sedang hamil. Jika ibu hamil sampai mengalami dehidrasi maka akan menyebabkan asupan darah ke janin menjadi terganggu, sebab darah tidak mampu mengalir di pembuluh darah, sehingga akhirnya bayi akan meninggal dalam kandungan karena kurangnya oksigen dan kurangnya asupan darah di dalam tubuhnya.

Itulah pentingnya mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Sehingga, membantu proses sistem kemih menjadi berfungsi lebih baik dan urin yang keluar lebih lancar dan terhindar dari infeksi bakteri.

2. Jauhi Faktor Pemicu Infeksi

Selanjutnya, cara mengatasi anyang anyangan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari dan menjauhi pemicu infeksi. Hindari berhubungan seksual dengan banyak pasangan karena ini bisa menyebabkan terjadi infeksi.

3. Melakukan Pemeriksaan Dengan Dokter

Melakukan pemeriksaan dengan dokter merupakan cara mengatasi anyang anyangan yang sangat tepat. Pemeriksaan di awal mengalami gejala dapat mencegah terjadinya komplikasi buruk dan lebih mudah untuk di atas.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan cara mengatasi anyang anyangan, segera temui dokter Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda. Konsultasikan keluhan Anda dengan tim medis Klinik Utama Gracia melalui tombol KONSULTASI ONLINE di bawah ini atau langsung menghubungi kami melalui telapon di 081336361555.

Baca Juga : Waspadai, Anyang Anyangan Setelah Berhubungan Intim

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan