• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

11 Obat Anyang-Anyangan Pada Wanita dan Pria

11 Obat Anyang-Anyangan Pada Wanita dan Pria
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Sudah pernah mengalami anyang-anyangan? Anyang-anyangan adalah kondisi dimana kamu selalu ingin buang air kecil, tetapi saat berkemih kamu akan merasakan rasa sakit yang berlebihan. Anyang-anyangan dapat menyerang pria maupun wanita. Kita akan bahas obat anyang-anyangan pada wanita dan pria.

Anyang-anyangan akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Apa lagi harus membuat kamu bolak –balik ke toilet hanya untuk pipis. Dan terkadang rasa sakit ketika pipis membuat kamu makin tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Sehingga kamu harus mencari cara untuk mengatasinya.

Anyang-anyangan dalam dunia kedokteran dikenal dengan sebutan infeksi saluran kemih (ISK). ISK itu disebabkan oleh bakteri yang bernama Eschericia Coli atau E.coli. Dimana bakteri itu dapat menyebabkan infeksi di area kelamin karena anda tidak menjaga kebersihan area kelamin dengan baik.

chat

Obat Anyang-Anyangan Pada Wanita dan Pria

Ketika anda mengobati anyang-anyanga, kamu bisa menggunakan dua jenis obat. Yaitu obat yang di resepkan oleh dokter ataupun obat alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobatinya. Ada sekitar empat jenis obat anyang-anyangan pada wanita dan pria yang sering digunakan sebagai obat medis.

Antibiotik

Karena anyang-anyangan atau ISK disebabkan oleh bakteri, maka salah satu jenis obat yang diberikan adalah antibiotik. Antibiotik digunakan untuk membunuh bakteri penyebab ISK yang hidup di uretra. Penggunaan antibiotik pun tidak diperbolehkan secara semberangan, namun harus dengan resep dokter.

Azo Standar

Untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan saat berkemih, maka kamu bisa menggunakan azo standard. Azo standard juga tidak diperkenankan untuk di konsumsi tanpa resep dokter, anda harus mengkonsumsinya dengan resep dokter. Efek samping dari obat ini salah satunya adalah menyebabkan air urine kamu menjadi berwarna kuning.

Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi anyang-anyangan yang disertai oleh peradangan. Karena memang khasiat dari ibuprofen adalah sebagai anti inflamasi. Ibuprofen memiliki efek samping yang lebih berat, sehingga harus menggunakan resep dokter dalam pengkonsumsiannya.

Paracetamol

Kamu pasti tidak asing dengan obat yang sering di resepkan oleh dokter untuk berbagai penyakit. Termasuk dalam penyakit anyang-anyangan, dokter sering meresepkan kepada penderitanya paracetamol. Karena paracetamol berguna untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit dari bakteri.

Obat Anyang-Anyangan Pada Wanita dan Pria  Alami

Vitamin C

Salah satu obat yang cukup ampuh untuk mengatasi anyang-anyangan pada pria maupun wanita adalah vitamin C. kandungan vitamin C dapat menyebabkan urine menjadi lebih asam, sehingga akan mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri penyebab ISK. Sehingga lebih baik kamu untuk memperbanyak mengkonsumsi vitamin C.

Sirsak

Dalam mengatasi anyang-anyangan, kita bisa mengkonsumsi buah sirsak. Buah sirsak sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya anyang-anyangan. Selain buahnya, kamu juga dapat mengkonsumsi daun pohon sirsak yang bisa mengatasi anyang-anyangan.

Kumis Kucing

Maksud kumis kucing bukanlah kumis pada kucing, tetapi tanaman daun kumis kucing yang cukup berkhasiat untuk mengobati anyang-anyangan. Cukup dengan merebus daun kumis kucing, lalu air rebusan tersebut anda minum.

Jahe

Jahe sejak dahulu sudah dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah anyang-anyangan. Hal ini dikarenakan jahe memiliki anti bakteri yang mampu melawan bakteri penyebab anyang-anyangan.

Lidah Buaya

Bahan alami lain yang bisa kamu jadikan obat anyang-anyangan pada wanita dan pria adalah lidah buaya. Lidah buaya tidak hanya berkhasiat untuk mempercantik wajah, tetapi juga untuk obat anyang-anyangan. Caranya cukup mudah, anda bisa menjadikan lidah buaya sebagai jus.

Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik bisa anda jadikan sebagai obat untuk mengatasi anyang-anyangan. Cukup banyak makanan yang mengandung probiotik, seperti yoghurt, tempe, pisang, dark chocolate, dan bawang-bawangan.

Kunyit

Selain jahe bahan alami yang dapat mengobati anyang-anyangan secara ampuh dan cepat adalah kunyit. Kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit sangat ampuh untuk mengatasi anyang-anyangan. Karena kandungan anti bakteri yang terdapat didalam kunyit.

Apabila obat-obat alami tersebut sudah kamu konsumsi, tetapi kamu tidak juga sembuh dari anyang-anyangan. Maka sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia untuk mengatasi anyang-anyangan yang kamu alami.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan